Nasional

Gagah!!! Kalahkan 28 Negara, 7 Desain Pecahan Rupiah Baru Jadi Juara Dunia

Literasi
434
×

Gagah!!! Kalahkan 28 Negara, 7 Desain Pecahan Rupiah Baru Jadi Juara Dunia

Sebarkan artikel ini
IACA
Uang kertas rupiah terbaru itu kembali memasang wajah delapan pahlawan nasional, mulai dari Soekarno Hatta, Mohammad Hatta, Djuanda Kartawidjaja, G S S J Ratulangi, Frans Kaisiepo, hingga Tjut Meutia. (Dok. BI)

PEKANBARU, LITERASIAKTUAL.COM – Tidak disangka uang rupiah tahun emisi 2022 dinobatkan sebagai seri uang terbaik dunia oleh International Association of Currency Affairs (IACA).

Desain baru tersebut mengalahkan 28 negara lainnya yang termasuk dalam daftar nominasi. Daftar nominasinya yang Indonesia yang tergabung kedalamnya adalah

  1. Indonesia
  2. Rumania
  3. Filipina
  4. Meksiko
  5. Mesir
  6. Costa Rica
  7. Azerbaijan
  8. Bahamas
  9. Mauritania
  10. Barbados
  11. Bank of Central African States (Kamerun, Kongo, Gaboon, dan Chad)

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim menjelaskan, ada 29 negara yang ikut berpartisipasi di IACA Curency Awards.

IACA Curency Awards merupakan penghargaan yang diberikan terhadap pencapaian atas perkembangan dan inovasi di sektor pembayaran tunai yang diikuti oleh 29 negara pada tahun 2023. Puncak penghargaan ini dikemas dalam konferensi yang diadakan di Kota Meksiko. Penghargaan IACA dimulai sejak tahun 2007 untuk mempromosikan dan mengakui kualitas uang kertas dan uang logam, proses, manajemen, distribusi dan aktivitas yang berkaitan dengan uang tunai. IACA, berkedudukan di Texas, AS, berdiri tahun 2004, merupakan organisasi non-profit independen yang mendorong kualitas siklus uang tunai, berfungsi sebagai wadah konsultansi dan kolaborasi bagi para pelaku sistem pembayaran tunai yang anggotanya terdiri dari bank sentral, otoritas penerbit uang, serta industri seperti perusahaan pencetakan uang, pemasok bahan pencetakan uang.

Dari nominasi yang terpilih, Marlison mengatakan “Kemudian lima negara yang masuk finalis terakhir, yakni Filipina, Meksiko, Costa Rica, Bahamas, dan Indonesia,” dilansir dari katadata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *