Berita

Hari Perdagangan Adil Sedunia Tahun Diperingati pada 13 Mei 2023, Simak Asal Usul dan Tujuan Peringatannya

Literasi
196
×

Hari Perdagangan Adil Sedunia Tahun Diperingati pada 13 Mei 2023, Simak Asal Usul dan Tujuan Peringatannya

Sebarkan artikel ini
Perdagangan
Ilustrasi Perdagangan

Pekanbaru, Literasiaktual – Hari Perdagangan Adil Sedunia atau World Fair Trade Day tahun ini diperingati pada 13 Mei 2023. Momentum peringatan itu meningkatkan kesadaran untuk mendukung perdagangan internasional menjadi lebih adil, termasuk sadar akan tanggung jawab sosial dan lingkungannya.

Mengutip National Today, Hari Perdagangan Adil Sedunia tiap tahun diperingati pada Sabtu pekan kedua bulan Mei. Tujuannya untuk merayakan kontribusi dalam mengurangi kemiskinan, eksploitasi, dan perubahan iklim. Gerakan perdagangan yang adil memastikan pekerja di seluruh dunia diperlakukan dengan upah dan kondisi kerja yang layak. Semua orang berhak diperlakukan dengan hormat.

Berdagang
Ilustrasi Perdagangan

Asal-usul Hari Perdagangan Adil Sedunia

Mengutip situs web World Fair Trade Organization, perdagangan berkeadilan gerakan global yang melibatkan lebih dari satu juta produsen dan pekerja skala kecil di lebih 70 negara di belahan Bumi selatan, seperti Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Usaha menjual produk-produk anggota gerakan perdagangan berkeadilan di ribuan toko di dunia.

Gerakan perdagangan berkeadilan muncul untuk meningkatkan kesadaran mengenai ketakadilan perdagangan dan ketakseimbangan kekuatan dalam struktur perdagangan konvensional. Itu juga untuk mengadvokasi perubahan kebijakan yang mendukung perdagangan yang adil.

Tempat-tempat penjualan produk-produk perdagangan berkeadilan menjadi salah satu metode kampanye yang efektif. Berbagai toko perdagangan berkeadilan yang mulai memasukkan kisah produsen dalam kemasan produk untuk meningkatkan kesadaran tentang perdagangan yang adil.

image_pdfPDFimage_printPrint

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *