Berita

Hari Perawat Sedunia 12 Mei 2023: Dari Sejarah Hingga Ke Tema

Avatar
204
×

Hari Perawat Sedunia 12 Mei 2023: Dari Sejarah Hingga Ke Tema

Sebarkan artikel ini
Perawat
Hari Perawat Internasional, 12 Mei 2023

Pekanbaru, Literasiaktual – Hari Perawat Sedunia dirayakan di seluruh dunia setiap tanggal 12 Mei, yaitu hari kelahiran Florence Nightingale. ICN memperingati hari penting ini setiap tahun dengan memproduksi dan mendistribusikan sumber daya dan bukti Hari Perawat Internasional (IND).

Sejarah

Wanita kelahiran Italia, 12 Mei 1820 tersebut adalah sosok pelopor perawat modern. Ia dikenal dengan julukan “The Lady with the lamp” atau bidadari berlampu.

Florence dikenal dengan keberaniannya menolong korban-korban perang Krimea. Ia juga menghidupkan kembali konsep rumah sakit yang bersih beserta dengan seni untuk menjadi seorang perawat.

Tidak hanya itu, Florence juga berani untuk memberikan penekanan kepada keperluan pasien dan penyusunan laporan yang detail dengan menggunakan statistik sebagai argumentasi menuju perubahan ke arah yang lebih baik bagi keperawatan di hadapan pemerintahan Inggris pada waktu itu.

ICN memperingati hari spesial tersebut setiap tahunnya dengan memproduksi dan mendistribusikan sumber daya dan fakta-fakta hari ini. Meski telah diperingati sejak 1965, ICN baru menetapkan 12 Mei sebagai Hari Perawat Internasional pada Januari 1974.

Tema

perawat
Tema Hari Perawat Internasional, 12 May 2023 (Dok. ICN)

Tema untuk sumber daya tahun 2023 adalah Perawat Kita. Masa Depan Kita.

Perawat Kita. Masa Depan Kita. akan menjadi kampanye global yang menetapkan apa yang kita inginkan untuk keperawatan di masa depan untuk mengatasi tantangan kesehatan global dan meningkatkan kesehatan global untuk semua. Kita perlu belajar dari pelajaran pandemi dan menerjemahkannya ke dalam tindakan di masa depan.

image_pdfPDFimage_printPrint

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *