Budaya

Rarak Cipta Musik 2024, Dewan Kesenian Riau : Ciptakan Panggung Kreatifitas Para Komposer Muda

Literasi
204
×

Rarak Cipta Musik 2024, Dewan Kesenian Riau : Ciptakan Panggung Kreatifitas Para Komposer Muda

Sebarkan artikel ini
Rarak Cipta Musik 2024
Penampilan Buloh Mudo / Pekanbaru

Pekanbaru, LiterasiAktual.com – Dewan Kesenian Riau kembali menggelar program musik tahunan Rarak Cipta Musik tahun 2024. Malam ini (23/6/2024), program ini digelar di panggung Otong Lenon, Taman Budaya Riau.

Ketua Dewan Kesenian Riau, Taufik Hidayat atau disapa Atan Lasak menjelaskan bahwa tema yang diusung pada Rarak Cipta Musik tahun 2024 ini adalah “ritus/ritual”.

Tahun ini, kami memilih tema ritual. Ritual melibatkan bunyi-bunyian dan bunyi-bunyian ini diterjemahkan ke dalam emosi oleh para komposer.” ungkap Taufik Hidayat, ketua Dewan Kesenian Riau,

“Program ini berlangsung hingga tahun 2022. Program ini sangat dibutuhkan karena perkembangan teknologi yang begitu pesat telah menyebabkan kematian seniman tradisional. Itulah sebabnya kami menyelenggarakan program ini kembali. Kami berharap akan muncul seniman-seniman baru dari program ini karena program ini mendorong para seniman dalam berkarya,” tambahnya.

baca juga Festival Lestari 5 Di Kabupaten Sigi, Seniman Muda Siak Hadirkan Budaya Daerah

Lebih lanjut, Hj. Sahrona menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tugas dari objek promosi budaya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu tugas kami sebagai objek promosi budaya Riau. Dimana salah satu kebudayaan itu sendiri adalah ritus, kami sangat mendukung sekali yang berkaitan dengan objek promosi kebudayaan, terutama yang berkecimpung di bidang kesenian,” ujar Hj. Sahrona.

Dari 11 komponis yang tersebar di Riau, hanya 7 komponis yang mengirimkan karya. Dan pada puncak pagelaran, terpilih 5 komposer yang akan tampil di panggung Otong Lenon Taman Budaya Riau.dewan juri Rarak Kreasi Musik DKR 2024, yaitu: Anggara Satria, Epi Martison, dan Rino Dezapati

Respon (6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *