Riau

Rupat Jadi Surga Wisata Budaya di Perbatasan Antar Negara

Avatar
529
×

Rupat Jadi Surga Wisata Budaya di Perbatasan Antar Negara

Sebarkan artikel ini

Bengkalis, Literasiaktual.com – Sebuah event wisata pantai digelar di Pulau Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau. Kalender wisata ini bertajuk “Rupat Festival Surga Budaya”. Acara ini menyajikan berbagai atraksi seni budaya Melayu dan Lari 10K.

Festival Rupat dan Lari 10K ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau bekerja sama dengan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbupora) Kabupaten Bengkalis. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 7 hingga 9 Juli 2023. Ratusan wisatawan domestik dan mancanegara hadir dalam acara tersebut.

Rupat

Alasan dipilihnya Pulau Rupat bagian utara sebagai tempat pelaksanaan acara karena kearifan budaya lokal masih sangat kental di sana. Selain itu, juga berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia.

Letak Pulau Rupat bagian utara berada tepat di garis pantai Selat Malaka. Kawasan ini ditetapkan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dan kawasan strategis pariwisata provinsi (KSPP).

Dispar Provinsi Riau terus berupaya untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai objek wisata yang menarik banyak wisatawan. Salah satunya dengan mengadakan acara Festival Surga Budaya Rupat dan Lari 10K.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat, mengatakan Festival Rupat dan Lari 10K diikuti oleh sejumlah wisatawan mancanegara asal Amerika Serikat (AS) pada tahun ini. Hal ini menandakan bahwa Pulau Rupat semakin dikenal oleh wisatawan mancanegara.

Selain sejumlah wisatawan mancanegara, acara ini juga dihadiri oleh wisatawan lokal dari luar provinsi Riau. Mereka berasal dari Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

image_pdfPDFimage_printPrint