Riau

Di Utamakan, Tol Lingkar Pekanbaru Rampung Oktober 2023

Avatar
179
×

Di Utamakan, Tol Lingkar Pekanbaru Rampung Oktober 2023

Sebarkan artikel ini
pembangunan
Ilustrasi

Pekanbaru, Literasiaktual.com – Perkembangan jalan tol di Provinsi Riau mendapatkan kabar baik. hal itu disampaikan oleh Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin mengatakan pembangunan Tol Pekanbaru-Rengat seksi Lingkar Pekanbaru yang akan didahulukan yaitu jalan tol lingkar pekanbaru. Tol Lingkar Pekanbaru terbentang dari Junction Pekanbaru hingga Bypass Pekanbaru.

Dengan demikian konektivitas wilayah di Provinsi Riau akan semakin baik guna mendukung distribusi logistik maupun mobilitas masyarakat,” kata Febry (23/5) dalam kunjungan kerjanya ke Pekanbaru dilansir dari laman Media Center riau.go.id.

Percepatan ini dilakukan agar Provinsi Riau bisa terkoneksi satu dengan yang lain. Keberadaan Tol Lingkar Pekanbaru ini akan menghubungkan tiga ruas Jalan Tol Trans Sumatera sekaligus.

pembangunan
Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Febry Calvin Tetelepta saat memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), di Kantor Gubernur Riau di Pekanbaru, Selasa (23/5/2023). (Dok. Media Cennter Riau)

Tiga ruas jalan tol yang akan disatukan oleh Tol Lingkar Pekanbaru yaitu ruas Tol Rengat-Pekanbaru, Tol Pekanbaru-Bangkinang, dan Tol Pekanbaru-Dumai.

“Target pembangunan ini akan dimulai pada pertengahan Juni 2023 dan paling lama selesai pada oktober 2023”, ungkap Febry Calvin

“Pengadaan tanahnya sedang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN bersama Kementerian PUPR dan pemerintah daerah,” tambahnya

Tidak hanya Tol Lingkar Pekanbaru,  pemerintah juga akan mulai melanjutkan dalam pembangunan Ruas Rengat-Pekanbaru dalam waktu dekat. Sementara itu, Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro dalam kesempatan yang sama menjelaskan, bahwa Seksi Lingkar Pekanbaru ini panjangnya 30 kilometer.

“Secara administratif, seksi ini melintasi wilayah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar,” ucapnya.

Terkait pembangunan Tol Lingkar Pekanbaru ini, Sekretaris Daerah Provinsi Riau S.F. Harianto menyambut dengan gembira rencana pemerintah mendahulukan pembangunannya.  

Pembangunan Tol Riau yang sangat masif kata Harianto akan sangat berdampak besar bagi Provinsi Riau secara umum. Secara tidak langsung juga, bahwa penuntasan Tol Riau akan menjadi modal besar bagi Provinsi Riau untuk lebih berkembang dan maju lagi.  

“Mewakili masyarakat Bumi Lancang Kuning, saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat,” ucap Harianto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *