Parenting

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2023, Waspada Pernapasan Kronis Pada Anak

Avatar
120
×

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2023, Waspada Pernapasan Kronis Pada Anak

Sebarkan artikel ini
Tembakau
Ilustrasi

Pekanbaru, Literasiaktual.com – Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day diperingati setiap 31 Mei. Tahun ini, Hari Tanpa Tembakau Sedunia kembali diperingati pada 31 Mei 2023.

Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia dijadikan sebagai pengingat mengenai bahaya penggunaan tembakau dan praktik bisnis tembakau. Perayaan tahunan sedunia ini juga menegaskan hak seluruh warga dunia atas kesehatan yang layak sekaligus sebagai upaya melindungi generasi masa depan.

Tembakau dan berbagai jenis rokok lainnya seperti rokok konvensional, rokok elektronik, hingga rokok dengan pemanasan sangat berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya merugikan diri sendiri, melainkan juga orang terkasih seperti keluarga, teman, dan orang sekitar.

Selain itu, Hari Tanpa Tembakau Sedunia diharapkan menjadi ajang kampanye agar para perokok di seluruh dunia tidak merokok (menghisap tembakau) selama 24 jam.

Sejarah

Dilansir dari laman resmi World Health Organization (WHO), peringatan Hari ini menjadi upaya WHO dalam memerangi epidemi tembakau. Hari Tanpa Tembakau Sedunia pertama kali dirayakan pada 1987. Momen tersebut juga menjadi pengingat akan kematian dan penyakit yang dapat dicegah dari efek tembakau tersebut.

Peringatan tersebut ditetapkan dengan tujuan untuk mendesak para pecandu tembakau agar tidak menghisap rokok mereka selama 24 jam. Tak hanya itu, peringatan itu juga diharapkan dapat mendorong mereka untuk berhenti merokok seterusnya.

Hingga akhirnya selang setahun kemudian, Resolusi WHA 42.19 disahkan pada tahun 1988, dimana dalam resolusi tersebut mencanangkan perayaan Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang diperingati setiap tanggal 31 Mei.

image_pdfPDFimage_printPrint

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *