Nasional

Kunjungan Ke Australia Dan Papua Nugini, Presiden Joko Widodo : Tetangga Kita, Sahabat, Sekaligus Mitra Strategis Indonesia

Avatar
124
×

Kunjungan Ke Australia Dan Papua Nugini, Presiden Joko Widodo : Tetangga Kita, Sahabat, Sekaligus Mitra Strategis Indonesia

Sebarkan artikel ini
mitra strategis
Perjalanan Presiden Joko Widodo Meninggalkan Tanah Air Menuju Sydney, 3 Juli 2023, Dok. BPMI Setpres

Papua, Literasiaktual.com – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Sydney, Australia dan Port Moresby, Papua Nugini, Senin-Rabu, 3-5 Juli 2023. Presiden menilai Australia dan Papua Nugini merupakan sahabat baik dan mitra strategis Indonesia di kawasan.

“Australia dan Papua Nugini adalah tetangga dekat, sahabat baik, dan mitra strategis Indonesia di kawasan Pasifik,” kata Presiden dalam keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Senin, 3 Juli 2023.

Di Sydney, Presiden akan menghadiri serangkaian pertemuan tahunan dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese. “Di Australia, saya akan melakukan rangkaian pertemuan tahunan pemimpin untuk tahun 2023 dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, yang terakhir kali pertemuan tahunan pada Juni 2022 di Bogor,” ujarnya.

Selain menghadiri pertemuan yang rutin dilakukan oleh kedua pemimpin negara, Presiden Jokowi juga dijadwalkan bertemu dengan Gubernur Jenderal Australia David Hurley dan akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pemimpin bisnis di Australia.

“Saya juga akan bertemu dengan Gubernur Jenderal dan para eksekutif perusahaan-perusahaan Australia yang sudah dan akan berinvestasi di Indonesia,” katanya.

Selain itu, Kepala Negara mengatakan kunjungannya ke Sydney dilakukan untuk membahas sejumlah prioritas kerja sama strategis antara Indonesia dan Australia, mulai dari investasi hingga peningkatan sumber daya manusia (SDM).

“Sejumlah agenda prioritas yang akan dibahas di Australia terutama adalah investasi, perdagangan, karena memang ada lonjakan yang cukup besar dalam perdagangan dan investasi dari Australia, kemudian di bidang kesehatan dan transisi energi, serta peningkatan sumber daya manusia,” jelasnya.

image_pdfPDFimage_printPrint

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *