Berita

Hari Bidan Internasional 2023, Indonesia Sempat Anjlok Peminat

Avatar
191
×

Hari Bidan Internasional 2023, Indonesia Sempat Anjlok Peminat

Sebarkan artikel ini
Hari Bidan Internasional
Hari Bidan Internasional (5/5/2023)

Internasional, Literasiaktual – Hari Bidan Internasional atau International Day of the Midwife (IDM) diperingati setiap tanggal 5 Mei. Hal ini merupakan peringatan tahunan yang bertujuan untuk mengampanyekan peran penting bidan di kehidupan manusia, terutama dalam kaitannya dengan persalinan serta kesehatan reproduksi. Peringatan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap peran bidan atas jasa-jasanya dalam membantu ibu hamil selama masa kehamilan hingga proses persalinan berlangsung.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 288.686 bidan di Indonesia pada 2021. Jumlah itu meningkat 15,84% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 249.204 orang. Melihat trennya, jumlah bidan di Indonesia sempat anjlok menjadi sebesar 111.736 orang pada 2015.

Dilansir dari situs resmi International Midwives Tema tahun ini, mengusung “Together again: from evidence to reality” yang artinya “Bersama lagi: dari bukti menjadi kenyataan”. Melalui tema ini diharapkan agar peringatan ini dapat menjadi bukti dukungan untuk profesi bidan dan kebutuhan untuk mengubah bukti ini menjadi peningkatan rasa hormat, otonomi, dan kondisi kerja di bidang kebidanan.

Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Bidan Internasional 2023, Organisasi Bidan Internasional, International Confederation of Midwives (ICM) juga akan melangsungkan Kongres Triennial ke-33 pada 11-14 Juni mendatang di Bali dengan tema yang sama. Kegiatan ini diharapkan diharapkan dapat mempromosikan sekaligus merayakan usaha yang telah dilakukan oleh tenaga kebidanan kepada khalayak ramai.

image_pdfPDFimage_printPrint

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *