Berita

Hari Bidan Internasional 2023, Indonesia Sempat Anjlok Peminat

139
×

Hari Bidan Internasional 2023, Indonesia Sempat Anjlok Peminat

Sebarkan artikel ini
Hari Bidan Internasional
Hari Bidan Internasional (5/5/2023)

Internasional, Literasiaktual – Hari Bidan Internasional atau International Day of the Midwife (IDM) diperingati setiap tanggal 5 Mei. Hal ini merupakan peringatan tahunan yang bertujuan untuk mengampanyekan peran penting bidan di kehidupan manusia, terutama dalam kaitannya dengan persalinan serta kesehatan reproduksi. Peringatan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap peran bidan atas jasa-jasanya dalam membantu ibu hamil selama masa kehamilan hingga proses persalinan berlangsung.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 288.686 bidan di Indonesia pada 2021. Jumlah itu meningkat 15,84% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 249.204 orang. Melihat trennya, jumlah bidan di Indonesia sempat anjlok menjadi sebesar 111.736 orang pada 2015.

Advertisement
Scroll kebawah untuk baca berita

Dilansir dari situs resmi International Midwives Tema tahun ini, mengusung “Together again: from evidence to reality” yang artinya “Bersama lagi: dari bukti menjadi kenyataan”. Melalui tema ini diharapkan agar peringatan ini dapat menjadi bukti dukungan untuk profesi bidan dan kebutuhan untuk mengubah bukti ini menjadi peningkatan rasa hormat, otonomi, dan kondisi kerja di bidang kebidanan.

Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Bidan Internasional 2023, Organisasi Bidan Internasional, International Confederation of Midwives (ICM) juga akan melangsungkan Kongres Triennial ke-33 pada 11-14 Juni mendatang di Bali dengan tema yang sama. Kegiatan ini diharapkan diharapkan dapat mempromosikan sekaligus merayakan usaha yang telah dilakukan oleh tenaga kebidanan kepada khalayak ramai.

Oleh sebab itu, Hari Bidan Internasional 2023 dirancang agar semua orang dapat berkontribusi di dalamnya. ICM mengadakan kontes sebagai bentuk apresiasi untuk para bidan. Kepada siapa pun yang memiliki kerabat atau kenalan seorang bidan diminta untuk ikut berpartisipasi dengan mengunggah foto bidan tersebut dan memberikan penjelasan singkat mengenai alasan mengapa ia layak untuk mengikuti Kongres Triennial ICM ke-33.

Pada dasarnya sejarah ini, sudah berlangsung sejak tahun 1980-an. Akan tetapi, peringatan baru diresmikan secara formal pada tahun 1992. Peringatan ini  menjadi tolok ukur penilaian untuk peningkatan kualitas bidan yang ada saat ini.

Menurut International Midwives, praktik kebidanan sebenarnya sudah berlangsung sejak zaman paleolitikum atau sekitar 40.000 SM. Setiap negara di dunia memiliki tradisinya masing-masing terkait dengan kelahiran. Tak jarang praktik kebidanan di masa lalu juga erat kaitanya dengan kegiatan spiritual dan pengobatan herbal. Namun saat ini praktik kebidanan sudah dinilai kompeten dan dapat disandingkan dengan dokter kandungan.

Hari Kebidanan Sedunia
Hari Kebidanan Sedunia

Tentang Kebidanan

Filosofi Kebidanan adalah keyakinan atau pandangan hidup bidan yang digunakan sebagai kerangka pikir dalam memberikan asuhan kebidanan. Dalam filosofi asuhan kebidanan dijelaskan beberapa keyakinan yang mewarnai asuhan kebidanan

Definisi bidan menurut International Confederation Of Midwives (ICM)yang dianut dan diadopsi oleh seluruh organisasi bidan di seluruh dunia, dan diakui oleh WHO dan Federation of International Gynecologist Obstetrition (FIGO).

  • Bidan adalah seseorang yang secara teratur mengikuti program pendidikan kebidanan yang diakui secara penuh di negara tempat ia berada, telah berhasil menyelesaikan program pendidikan kebidanan yang telah ditentukan dan telah memperoleh kualifikasi yang dibutuhkan untuk terdaftar dan atau memiliki izin praktik kebidanan.
  • Dia harus mampu memberikan pengawasan, perawatan dan nasihat yang diperlukan kepada wanita selama masa kehamilan, persalinan dan nifas, melakukan persalinan atas tanggung jawabnya sendiri dan merawat bayi baru lahir dan bayi. Perawatan ini termasuk tindakan pencegahan, deteksi kondisi abnormal pada ibu dan anak. Pengadaan bantuan medis, dan pelaksanaan tindakan darurat jika tidak ada bantuan medis.
  • Dia memiliki tugas penting dalam konseling dan pendidikan, tidak hanya untuk pasien, tetapi juga dalam keluarga dan masyarakat, pekerjaan mereka harus melibatkan pendidikan antenatal dan mempersiapkan diri untuk menjadi orang tua dan meluas ke bidang-bidang tertentu dalam ginekologi, keluarga berencana dan perawatan anak. Ia banyak berpraktik di rumah sakit, klinik, unit kesehatan, tempat tinggal atau layanan lainnya.
Hari Kebidanan Sedunia
Hari Kebidanan Sedunia

Dalam menjalankan tugasnya, bidan memiliki peran sebagai berikut:

  • Peran sebagai pelaksana
  • Peran sebagai pengelola
  • Peran sebagai pendidik
  • Peran sebagai peneliti

Etika dan kode etik kebidanan

Etika adalah nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang, suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya:

  • Moral adalah mengenai apa yang dinilainya seharusnya oleh masyarakat
  • Kode etik profesi adalah berupa norma-norma yang harus diindahkan oleh setiap anggota profesi yang bersangkutan di dalam melaksanakan tugas profesinya dan dalam hidupnya di masyarakat

Tujuan kode etik

  • Untuk menjunjung tinggi martabat dan cinta profesi
  • Untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggotanya
  • Untuk meningkatkan pengabdian pada anggota profesi
  • Untuk meningkatkan mutu profesi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *