Berita

Hari Anak Perempuan Sedunia 2023, Apakah Anak Perempuan Di Indonesia Masih Rentan Dengan Kekerasan?

Literasi
348
×

Hari Anak Perempuan Sedunia 2023, Apakah Anak Perempuan Di Indonesia Masih Rentan Dengan Kekerasan?

Sebarkan artikel ini
Hari Anak Perempuan Sedunia

LiterasiAktual.com – Setiap tanggal 11 Oktober diperingati sebagai Hari Anak Perempuan Sedunia. Peringatan ini diadakan untuk mendukung hak-hak dan mendorong keterlibatan penuh anak perempuan dalam mengambil keputusan tentang kehidupan mereka.

Menurut situs resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa, Hari Anak Perempuan Internasional dimulai pada tahun 1995. Pada saat itu, Konferensi Dunia tentang Perempuan diadakan di Bejing. Para perwakilan negara dengan suara bulat mengadopsi Deklarasi Beijing dan Platform Aksi – cetak biru paling progresif yang pernah ada – untuk mempromosikan hak-hak perempuan, termasuk anak perempuan. Deklarasi Beijing adalah yang pertama yang secara khusus menyerukan hak-hak anak perempuan.

Dilansir dari laman bqprime, Hari Anak Perempuan Internasional 2023: “Berinvestasi pada Hak-hak Anak Perempuan: Kepemimpinan Kami, Kesejahteraan Kami” adalah tema Hari Anak Perempuan Internasional tahun ini. Hari Anak Perempuan Internasional 2023: Pentingnya Anak perempuan memiliki hak untuk hidup yang aman, berpendidikan, dan sehat, tidak hanya selama masa pertumbuhan mereka, tetapi juga saat mereka tumbuh menjadi perempuan. Jika didukung dan dididik secara efektif, anak perempuan memiliki kekuatan untuk menjadi perempuan.

Investasi untuk mewujudkan kekuatan anak perempuan saat ini menjunjung tinggi hak-hak mereka dan menjanjikan masa depan yang lebih adil dan sejahtera, di mana separuh umat manusia menjadi mitra yang setara dalam menyelesaikan masalah perubahan iklim, konflik politik, pertumbuhan ekonomi, pencegahan penyakit, dan keberlanjutan global, demikian menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hari Anak Perempuan Internasional 2023: Harapan dan Kutipan Semoga dunia menjadi tempat yang lebih baik.

image_pdfPDFimage_printPrint

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *