BeritaOpini

Efektivitas Kendaraan Bahan Bakar Listrik Dan Masa Depan Dunia Terhadap Pemanasan Global

Avatar
205
×

Efektivitas Kendaraan Bahan Bakar Listrik Dan Masa Depan Dunia Terhadap Pemanasan Global

Sebarkan artikel ini

Riau, literasiaktual.com – Kendaraan merupakan salah satu alat transportasi yang sangat sering digunakan oleh masyarakat untuk berkativitas baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat, kendaraan tanpa bahan bakar juga tidak ada gunanya, di era tahun 90 an ke atas, bensin digunakan sebagai bahan bakar utama pada kendaraan bermotor maupun mobil. Ditengah melonjaknya harga BBM yang membuat harga minyak termasuk bensin dan segala jenis bahan bakar kendaraan tinggi sehingga, membuat masyarakat sulit memperoleh bahan bakar karena mahal.

 

Untuk mengatasi hal tersebut maka, muncul sebuah inovasi yaitu menciptakan kendaraan dengan menggunakan bahan bakar listrik, penggunaan bahan bakar listrik pada kendaraan memilki dampak positif yaitu lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi yang dapat mempengaruhi polusi, namun dampak negatif yang dihasiilakan dari penggunaan bahan bakar listrik tersebut sangat tinggi yaitu berpotensi menyumbang emisi gas rumah kaca di atmosfer bumi yang akan mengakibatkan terjadinya pemanasan global.

Dilangsir dari data kementerian ESDM, komsumsi energi di sektor transportasi indonesia pada tahun 2007 sebesar 29% dan meningkat menjadi 47% pada tahun 2017. Sektor tranportasi menghasilkan emisi sebanyak 1,28 juta ton dengan rata-rata peningkatan 6,7% per tahun. Dapat disimpulkan dari data yang dihimpun bahwa peningkatan emisi gas rumah kaca lebih besar 1,5 kali lipat dari komsumsi bahan bakarnya.

 

Menurut pusat krisis Kementerian Kesehatan RI, Pemanasan global terjadi ditandai dengan adanya gejala El Nino. El Nino Merupakan sebuah peristiwa alam yang dimana suhu air laut yang ada di atas rata-rata suhu normal, biasanya fenomena alam yang terjadi ditandai dengan mencairnya es di kutub utara, Gejala El Nino tersebut disebabkan oleh meningkatnya suhu di pasifik timur dan tengah yang mengakibatkan meningkatnya suhu dan kelembaban pada atmosfer yang berada di atasnya

 

Semakin banyaknya penggunaan bahan bakar listrik tentu ini akan mengakibatkan pada masa depan dunia yang menyebabkan terjadinya pemanasan global, maka tak salah jika indonesia sering mengalami kekeringan dan kemarau panjang. hal itu semua disebabkan karena berkurangnya pembentukan awan yang membuat curah hujan menurun. Inovasi yang diciptakan terhadap kendaraan berbahan bakar listrik sangat tidak efisien jika tidak di iringi dengan langkah-langkah pencegahan terjadinya efek rumah kaca, apalagi jika produksi kendaran bahan bakar listrik ini banyak tentu mobilitas masyarakat semakin meningkat dan ini akan sangat membahayakan terhadap pemanasan global (Iklim Global).

risman