Riau

Meriah! Ada Festival Ekonomi Kreatif di Acara Bakar Tongkang Bagansiapiapi Riau

Avatar
319
×

Meriah! Ada Festival Ekonomi Kreatif di Acara Bakar Tongkang Bagansiapiapi Riau

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU – Festival Bakar Tongkang digelar 1-4 Juli 2023 di Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Untuk memeriahkan event ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau juga menggelar acara Festival Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Festival Ekraf ini mengusung tema “Kemilau Bagan”. Lokasinya digelar di Jalan Merdeka, Kota Bagansiapiapi, Rohil 1-3 Juli 2023. Sejumlah pelaku ekraf sub sektor seni pertunjukan bakal ikut meramaikan acara ini. Selain acara seni, Dispar Riau juga menggelar bazar ekraf sampai forum workshop.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat mengatakan, dinamika ekonomi kreatif belakangan membuka ceruk potensi yang sedemikian menjanjikan. Hadirnya Festival Bakar Tongkang dan Festival Ekraf merupakan era cerah para kreator dan inovator.

“Event Festival Ekraf bertajuk Kemilau Bagan ini ditujukan sebagai ajang saling tukar informasi, hiburan, promosi, edukasi, lobi, dan tentu saja membuka peluang menjalin kolaborasi yang bukan tak mungkin memicu inovasi,” kata Roni Rakhmat, Sabtu (1/7/2023).

baca juga: Rupat Jadi Surga Wisata Budaya di Perbatasan Antar Negara

Pada festival ini, Pemprov Riau memberikan bantuan pada sektor-sektor pendukung agar terlaksana dengan baik. Termasuk memberi support kepada masyarakat setempat agar dapat menangkap peluang perputaran ekonomi selama kegiatan berlangsung.

“Kita dari Pemprov Riau mensupport, dari Kemenpar juga support. Makanya peluang ekonomi masyarakat harus ditangkap,” katanya.

Roni berujar, Festival Bakar Tongkang diprediksi akan mendatangkan banyak wisatawan lokal dan mancanegara, mengingat festival tersebut juga sudah 3 tahun tidak terlaksana akibat COVID-19. Roni juga memastikan akan memanfaatkan peluang yang ada dengan memperkenalkan produk ekonomi kreatif.

image_pdfPDFimage_printPrint