PekanbaruPemerintahan

Pemko Pekanbaru Targetkan Pengesahan APBD-P di Akhir September

Avatar
362
×

Pemko Pekanbaru Targetkan Pengesahan APBD-P di Akhir September

Sebarkan artikel ini
APBD-P Pekanbaru

Pekanbaru, LiterasiAktual.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, menargetkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2023 sudah disahkan pemakaianya di akhir September ini.

“Kami sudah membahas perubahan APBD-P Pekanbaru 2023 kemarin dan sudah ada nota kesepakatan. Mudah-mudahan akhir bulan ini bisa disahkan,” kata Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (19/9).

Dia mengatakan APBD 2023 pada dasarnya akan diubah hanya pada sisi keuangan.

“APBD ini kan asumsi. Sekian, misalnya, itu asumsinya. Nanti kita akan evaluasi penerimaannya, kalau penerimaannya tercapai baru kita evaluasi pengeluarannya. Jadi jangan sampai antara pendapatan dan belanja tidak sesuai,” katanya.

Baca juga: Sekdako Prediksi Kasus Stunting di Kota Pekanbaru Alami Penurunan

Seperti diberitakan, Pemerintah Kota Pekanbaru dan DPRD setempat telah menyepakati kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD murni tahun anggaran 2024 sebesar Rp2,89 triliun lebih. Kesepakatan tersebut dicapai dalam rapat paripurna dan dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama antara Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun dengan pimpinan DPRD Pekanbaru, Selasa (5/9).

Dibandingkan dengan APBD murni 2023 senilai lebih dari Rp2,69 triliun, terdapat kenaikan anggaran sekitar Rp200 miliar pada APBD murni 2024. Tambahan anggaran tersebut berasal dari pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp1,01 triliun dan pendapatan transfer daerah sebesar Rp1,87 triliun.

image_pdfPDFimage_printPrint