Budaya

Riau Global Music Festival 2023, Baratku Timur Bergaung

Literasi
304
×

Riau Global Music Festival 2023, Baratku Timur Bergaung

Sebarkan artikel ini

Pekanbaru, LiterasiAktual.com – Riau Global Music Festival akan digelar pada tanggal 8-9 Desember 2023 pukul 20.00 WIB sedangkan Focus Group Discussion (FGD) pada tanggal 9 Desember pukul 09.00 WIB di Taman Budaya Riau.

Festival yang pelaksanaannya memasuki tahun ke-3 diberi Tema “Baratku Timur” dan dibuka secara gratis untuk para penonton atau penikmat seni.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini Riau Global Music Festival 2023 terdiri dari 9 grup penampil, antara lain : Eta Margondang (Sumatera Utara), Dayang Telani (Riau), Gondrong Gunarto (Jawa Tengah), Riau Rhythm (Riau), Taufik Adam Trio (Jakarta), Blacan Aromatic Ethnic Project (Riau), Muaro Raflesia (Bengkulu), Djangat Indonesia (Riau), dan Sajiva (Kepulauan Riau). Serta pertemuan 3 maestro tradisi bersama komponis dengan ide gagasan musik baru yang bersumber dari musik tradisional.

“Kita mencoba musik tradisi menjadi menu utama di seluruh genre musik di dunia. kita mencoba kembali menggairahkan musik tradisi di dalam festival. Karena festival sebagai etalase seluruh musisi untuk berkarya. Ini yang kami coba untuk mengumumkan kembali bahwa musik tradisi ini sebagai musik Indonesia, sebagai penamaannya.” Ungkap Rino sebagai Direktur Festival

Riau Global Music Festival 2023

baca juga Munas Dewan Kesenian 2023, Dewan Kesenian Aceh Dan Perwakilan Lainnya Membahas Transformasi Peran dan Fungsi Dewan Kesenian Sebagai Isu Utama

Rino menjelaskan bahwa tujuan dari festival ini menjadi salah satu upaya agar tidak terjadi kasta di dalam genre musik apalagi menepikan musik tradisi, sehingga acara ini sebagai salah satu bentuk kepedulian agar musik tradisi juga dikenal dalam sebagai musik Indonesia.

image_pdfPDFimage_printPrint

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *