Berita

Peringatan Hari Buruh Tanggal 1 Mei 2023, Mengenal Imprialisme Terhadap Buruh di Indonesia

Avatar
154
×

Peringatan Hari Buruh Tanggal 1 Mei 2023, Mengenal Imprialisme Terhadap Buruh di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Selamat Hari Buruh
Selamat Hari Buruh (1 Mei 2023)

Literasiaktual – Peringatan hari buruh setiap tanggal 1 Mei, Hari Buruh sebagai libur nasional ditetapkan sejak masa Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Penetapan ini berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tentang Penetapan Tanggal 1 Mei sebagai Hari Libur. Yuk, kenalan dulu dengan Imprialisme di Indonesia

Impiralisme di Indonesia

Sebelum tahun 1870, exploitasi (penghisapan) yang dijalankan oleh pemerintah Hindia Belanda terhadap Rakyat Indonesia berdasarkan atas peraturan “culture-stelsel”. Peraturan ini dilahirkan dalam tahun 1830 dibawah kekuasaan gubernur jendral Van Den Bosch (1830-1833 sebagai Gubernur Jendral, 1833-1839 sebagai Menteri Jajahan). “Cultuurstelsel diadakan dengan maksud supaya Indonesia bisa membuat keuangan yang sehat negera Belanda yang sedang bangkrut disebabkan oleh pengeluaran untuk melawan Diponegoro (perang diponegoro tahun 1825-1830, dan untuk ini negara belanda harus mengeluarkan F.20.000.00,-), untuk menindas perlawanan bangsa Belgia terhadap belanda (pemberontakan Belgia 1830-1829), dan disebabkan oleh keadaan ekonomi negeri Belanda yang pada umumnya sangat hancur ketika itu. Sebab Van Den Bosh di kirim ke Indonesia karena mempunyai penngalaman sebagai gubernur Guyana-Belanda di Bagian Utara dari Amerika Selatan, yang mana disana dilakukan kerja perbudakan sebagai dasar penghisapan kolonial.

“Cultuurstelsel” mewajibkan kaum tani :

  1. Menyerahkan sebagian hasil bumi kepada pemerintah Hindia Belanda
  2. Kerja Paksa (Rodi)
  3. Memikil berbagai macam pajak

Kemudian Kewajiban poin pertama dan kedua diganti dengan menyerahkan sebagian hasil tanah untuk ditanami bahan export yang laku pada waktu itu (kopi. teh, tom, atau indigo).

image_pdfPDFimage_printPrint

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *