BeritaMaluku

PD-PII, GAJA, DAN FKPB MENOLAK PENYISIRAN DI AREA TAMBANG EMAS GUNUNG BOTAK

Aswar
208
×

PD-PII, GAJA, DAN FKPB MENOLAK PENYISIRAN DI AREA TAMBANG EMAS GUNUNG BOTAK

Sebarkan artikel ini

Buru, LiterasiAktual.com : Pengurus Daerah Pelajar Islam Indonesia (PD-PII) Kabupaten Buru, Gerakan Aktivis Jalanan (GAJA) Kabupaten Buru, dan Forum Komunikasi Pemuda Bupolo (FKPB) melakukan aksi demontrasi dibeberapa titik, merek menolak rencana penyisiran di Gunung Botak dan meminta kejelasan masuknya PT. Merdeka Tambang Jaya terhadap nasip anak negeri, (22/4).

Point tuntutan yang disampaikan dalam aksi demonstrasi diantaranya :
1. Menolak rencana penyisiran di Tambang Emas Gunung Botak
2. Menolak adanya aktivitas PT. Merdeka Tambang Jaya sampai terpilih dan penetapan Bupati Definitif di Kabupaten Buru, dan yang ke
3. Mempertanyakan bagaimana nasip anak adat/anak negeri jika masuknya PT. Merdeka Tambang Jaya di Gunung Botak.

Berbagai alasan yang disampaikan yang menjadi point tuntutan dalam orasi pada saat aksi dilakukan, menurut mereka (para pendemo) bahwa penyisiran yang dilakukan hanya menguras anggaran APBD yang kemudian tidak ada tujuan dan maanfaaf dari penyisiran itu,

Ketua PD-PII Buru, Umar Rifaldi Najar yang juga sebagai Korlap Aksi menyampaikan bahwa rencana penyisiran akan dilakukan pada tanggal 22 April 2024, untuk titik penyisiran belum diketahui, tapi aksi ini dilakukan untuk menolak rencana penyisiran itu.

“Kemarin saya dengar bahwa rencana penyisiran itu dilakukan pada hari ini tanggal 22, makanya kami segera menyikapi hal ini dengan melakukan koordinasi dengan beberapa organisasi lalu kami menyurati Kapolres untuk kami melakukan aksi ini”, kata Rifaldi kepada LiterasiAktual.com, Senin (22/4).

image_pdfPDFimage_printPrint