BeritaPendidikan

Optimalkan Sektor Pariwisata Singingi, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Bersama KKN UNRI Desa Pulau Padang 2023 Gelar Sosialisasi Pengembangan Pariwisata Digital Berbasis (ICT)

Avatar
367
×

Optimalkan Sektor Pariwisata Singingi, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Bersama KKN UNRI Desa Pulau Padang 2023 Gelar Sosialisasi Pengembangan Pariwisata Digital Berbasis (ICT)

Sebarkan artikel ini

Kuansing, literasiaktual.com – Guna mengembangkan dan mengoptimalkan potensi pariwisata di desa Pulau Padang, tim Pengabdian Kepada Masyarakat bersama KKN UNRI Desa Pulau Padang menggelar “Sosialisasi Pengembangan Pariwisata Digital Kuantan Singingi (E-tourism) berbasis ICT (Information and Communication Technologies)” yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 31/07/2023, Kegiatan tersebut diadakan di Aula Desa Pulau Padang.

Sosialisasi ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari Pemerintah Dinas Pariwisata Kabupaten Kuansing, Pemerintah Kecamatan Singingi, Generasi Pesona Indonesia, Tim Pengabdian, Perangkat desa, warga setempat serta mahasiswa/i KKN UNRI Kec.Singingi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengoptimalkan lagi pariwisata yang ada di Kecamatan Singingi.

Sosialisasi ini diisi dengan penyampaian materi oleh Dinas Pariwisata Kuansing yang menyampaikan peran kelembangaan pemerintah daerah Kuantan Singingi dalam pengembangan wisata. Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ketua GENPI (Generasi Pesona Indonesia), Bapak Dr. (Cand) Prima Wahyudi, M.I.Kom dengan uraian materi terkait Pariwisata Digital Kabupaten Kuantan Sengingi (E-tourism).

Kepala Desa Pulau Padang, Arrindo pada kesempatan itu menyatakan bahwa desanya memiliki destinasi wisata yang bisa dikembangkan dan dioptimalkan yakni, wisata Lubuak Oguang. Namun, publikasi atas wisata ini masih kurang masif baik berbasis website maupun media sosial. Selain itu, sinergi antara pengelola atau pengembang dengan pemerintah dan stakeholder lain juga perlu ditingkatkan, utamanya dalam upaya mengenalkan destinasi wisata tersebut ke seluruh masyarakat.