Budaya

Musyawarah Nasional Dewan Kesenian dan/atau Dewan Kebudayaan Se-Indonesia : Aceh Diusulkan Menjadi Tuan Rumah Di Tahun 2024

Avatar
×

Musyawarah Nasional Dewan Kesenian dan/atau Dewan Kebudayaan Se-Indonesia : Aceh Diusulkan Menjadi Tuan Rumah Di Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

LITERASIAKTUAL.COM – “Resolusi Ancol” sebuah rekomendasi ketika Musyawarah Nasional Dewan Kesenian dan/atau Dewan Kebudayaan Se Indonesia yang diselenggarakan di Ancol pada 14 Desember 2023 lalu.

Selama agenda tersebut terlaksana, diskusi dibagi menjadi 5 komite. Setiap komite diisi oleh perwakilan dari Dewan Kesenian Provinsi dan Kabupaten/kota termasuk perwakilan dari Aceh. Setidaknya terdapat 3 perwakilan dari aceh untuk setiap komite.

Salah satunya Komite 1 yang membahas Transformasi dan Reposisi Dewan Kesenian. Dalam diskusi pada komite 1 menghasilkan beberapa rumusan diantaranya kewenangan Dewan Kesenian untuk menetapkan standar reunisasi pelaku seni. Kewenangan ini nantinya akan menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam menetapkan SBU untuk kegiatan kesenian.

Anggota Komite 1 terdiri dari perwakilan setiap daerah, salah satunya dari Aceh yang diwakili oleh Teuku Afifuddin selaku ketua Dewan Kesenian Aceh, Salman Yoga dari komunitas The Gayo Institute, T Irfan TB dari Aceh Jaya, Nuriza Aulia Tami dari Aceh Tamiang, dan Herman RN dari Banda Aceh.

baca juga Musyawarah Nasional Dewan Kesenian/Kebudayaan 2023 Se-Indonesia Resmi Di Gelar

baca juga Gelar Kemah Seniman Tahun Ke-4, DKA Aceh Besar Siap Jaring Aspirasi Para Seniman

Selain itu, Dewan Kesenian diputuskan sebagai lembaga yang harus berpartisipasi aktif dalam :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *