Budaya

Jadi Inspirasi Harbuknas 2023, ISBI Aceh Selenggarakan Kegiatan Bedah Buku Ragam Hias Kerawang Gaton dan Mesikhat Alas

Avatar
228
×

Jadi Inspirasi Harbuknas 2023, ISBI Aceh Selenggarakan Kegiatan Bedah Buku Ragam Hias Kerawang Gaton dan Mesikhat Alas

Sebarkan artikel ini

Jantho, Literasiaktual.com – Bedah Buku dan Diskusi Ragam Hias Aceh Dataran Tinggi (Kerawang Gayo dan Mesikhat Alas) salah satu kegiatan untuk memperingati Hari Buku Nasional.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Institut Seni Budaya (ISBI) Aceh sebagai pelaksana.

Buku ini ditulis oleh seniman serta akademisi seni Ansar Salihin dan Saniman Andi Kafri.

Aceh
Diskusi dan Bedah Buku

Buku tersebut diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh yang bekerja sama dengan The Gayo Institute Tahun 20220.

Pada Acara Bedah Buku dan Diskusi, dihadiri oleh narasumber Dedy Afriadi,M.Sn (Dosen, Mahasiswa Doktoral ISI Surakarta) dan Roka Wirandi, M.Sn (Kepala UPT Perpustakaan ISBI Aceh).

Sedangkan moderator di pandu oleh Ahmad Zaki (Dosen ISBI Aceh). Acara ini di hadiri oleh mahasiswa dan Dosen ISBI.

Dikutip dari laman Lintas Gayo, “Pimpinan ISBI Aceh sangat mengapresiasi atas lahirnya buku ragam hias Aceh dataran tinggi kolaborasi dua penulis antara dosen ISBI Aceh Saniman Andikafri dengan seniman juga guru seni budaya Ansar Salihin, kita tunggu karya dosen lainnya untuk yang akan datang,” jelas Sabri Gusmail, M.Sn sebagai Plt. Wakil Rektor Bidang Akademik

Dilansir dari laman lintas gayo, “Buku ragam hias ini sangat deskriptif dalam menjelaskan visual dari setiap motif-motif yang terdapat pada rumah adat dan pakaian adat dari masing-masing daerah. Namun buku ini belum terlalu banyak menjelaskan perkembangan ragam hias saat ini di Gayo dan Alas serta bagaimana peran masyarakat dalam melestarikannya” Jelas Dedy.

Selanjutnya Rika Wirandi membahas persoalan teknis dalam isi tersebut baik kesalahan, kekurangan maupun kelebihan buku tersebut. Ia memberikan masukan kepada penulis untuk mencetak kedua buku tersebut dengan menambahkan dan mempertimbangkan saran-saran yang telah diberikan oleh pembedah.

Aceh

“Buku baru dianggap sempurna kalau sudah dibedah, sebagai proses rangkaian akhir dari penerbitan buku. Saya sangat mengapresaisi penulis dan juga editor buku ini karena minim sekali tipo atau kesalahan dalam mengetik. Buku ini sangat layak untuk menjadi referensi untuk mahasiswa maupun untuk penelitian selanjutnya,” kata Rika.

Dari sisi penulis, Saniman Andi Kafri mengatakan “Harapannya agar pembaca bisa mengetahui bagaimana bentuk dan nilai filosofi dari ornamen aceh khususnya pada daerah dataran tinggi. Sekaligus buku ini untuk mempromosikan kebudayaan yang ada di Aceh”. Sabtu, 20/05/2023 (Red)

Bagi yang berminat untuk memiliki buku ini baik buku fisik maupun ebook dapat menghubunginya di 085272296756.

Sumber : Lintas Gayo

image_pdfPDFimage_printPrint

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *