Berita

Pimpinan Adat Matetemun Melakukan Sidang Adat, Bahas Persoalan PT. Ormat Geothermal

Avatar
503
×

Pimpinan Adat Matetemun Melakukan Sidang Adat, Bahas Persoalan PT. Ormat Geothermal

Sebarkan artikel ini

Buru, Namlea, Literasiaktual.com – pada hari Rabu, (18/10/2023) Ketua Majelis Sidang Adat Soar Pito Soar Pa Matetemun Yohanes Nurlatu mengadakan sidang adat di Dusun Tanah Merah, Desa Waetina, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru.

Rapat yang diadakan Matetemun membahas beberapa poin terkait Penolakan PT. Ormat di tanah adat Titar Pito. Bahwa dalam rangka menindaklanjuti pengaduan masyarakat adat (Matlea Gewagit Titar Pito) berkaitan dengan tanah adat yang berada pada dataran tinggi Petuanan Kaiely yang merupakan wilayah hukum adat Kepala Soa dengan jabatan Matetemun (Kepala Soa Nurlatu).

Pada hari Rabu, 18/10/2023 dilaksanakan sidang adat yang pimpin langsung oleh matetemun selaku Kepala Pemerintahan Adat pada Petuanan Kaiely dataran tinggi yang dihadiri oleh para pimpinan soa pada petuanan kayeli dataran tinggi maupun petuanan Kayeli dataran rendah.

Bahwa sidang adat ini akan membicarakan tanah adat yang dinamakan sebagai Titar Pito yang merupakan milik Tujuh Soa atau dalam bahasa buru Soar Pito.

Bahwa yang menjadi bahan pembahsan dalam sidang adat ini adalah berkaitan dengan tata letak tanah adat Titar Pito, pemilik Titar Pito, luas tanah adat Titar Pito, penjaga tanah adat Titar Pito, dan tempat keramat/tempat sakral yang berada pada tanah adat Titar Pito.

Bahwa berdasarkan fakta-fakta yang terungkap dipersidangan adat ini adalah:

1. Tanah adat Titar Pito berdasarkan tata letak berada pada petuanan Kaiely dataran tinggi.

2. Tanah adat Titar Pito milik Soar Pito Soar Pa diantaranya;

a. Soa Nurlatu (Watemun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *