Nasional

Gelar Batik Nusantara, Presiden Jokowi Apresiasi Batik Sebagai Karya Luhur Bangsa Indonesia

Avatar
138
×

Gelar Batik Nusantara, Presiden Jokowi Apresiasi Batik Sebagai Karya Luhur Bangsa Indonesia

Sebarkan artikel ini
Batik Sebagai Karya Luhur
Dok. Ig Presiden Jokowi

Jakarta, Literasiaktual.com – Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada para pembatik di seluruh penjuru tanah air yang terus berkreasi, memproduksi, dan menggunakan batik sebagai karya luhur bangsa Indonesia. Apresiasi tersebut disampaikan Kepala Negara dalam sambutannya pada pembukaan Gelar Batik Nusantara pada Rabu, 2 Agustus 2023, di Senayan Park Mall, Jakarta.

batik sebagai karya luhur
Dok. Ig Presiden Jokowi

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para perajin batik, para desainer batik, para pengusaha batik, para pencinta batik, dan para konsumen batik yang telah mencipta, memproduksi, dan menggunakan batik sebagai sebuah karya luhur bangsa kita, bangsa Indonesia,” ujar Presiden.

baca juga Presiden Jokowi Melakukan Kunjungan Kerja Ke Papua Nugini

Presiden mengatakan bahwa batik menjadi istimewa bukan hanya karena keindahannya, namun juga karena makna dan filosofi yang terkandung di dalamnya.

“Batik adalah wajah kita, batik adalah kehormatan kita,” kata Presiden.

Presiden juga menjelaskan bahwa batik telah menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan memberikan penghasilan dan penghidupan bagi jutaan rakyat Indonesia. Bahkan, menurut laporan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, nilai dan omzet industri batik Indonesia terus meningkat.

“Saya melihat setelah pandemi ini, dengan pertolongan Allah, peningkatannya akan lebih besar lagi,” kata Presiden.

Presiden juga berharap momentum kebangkitan ekonomi Indonesia dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangkitkan kembali batik nusantara. Terlebih lagi, perekonomian nasional diharapkan dapat berkembang dengan baik di masa mendatang.

image_pdfPDFimage_printPrint