Berita

Mengenal Kembali Hari Lembaga Sosial Desa (LSD), 5 Mei 2023

Literasi
216
×

Mengenal Kembali Hari Lembaga Sosial Desa (LSD), 5 Mei 2023

Sebarkan artikel ini

Nasional, Literasiaktual – Hari Lembaga Sosial Desa (LSD) diperingati setiap 5 Mei. Lembaga Sosial Desa merupakan lembaga yang sangat penting untuk menciptakan desa yang sejahtera dan makmur.

Sobat MinLi, yuk simak tentang Lembaga Sosial Desa

Dasar Pembentukan

Lembaga Sosial Desa merupakan suatu lembaga yang terkhususkan di lingkungan desa saja yang memiliki tujuan agar masyarakat yang hidup di suatu desa menjadi lebih berdaya.

Penetapan Hari Lembaga Sosial Desa didasarkan atas aturan dari pemerintah daerah yaitu Pasal 18 dan Pasal 18B UUD 1945.

Dijelaskan juga bahwa LSD memiliki enam jenis lembaga desa yang telah sesuai dengan Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa. Di antaranya adalah pemerintah desa (kepala desa dan perangkatnya), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), lembaga kemasyarakatan, lembaga adat, kerjasama antar desa, serta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Tujuan peringatan Hari Lembaga Sosial Desa bukan semata-mata untuk dijadikan perayaan nasional saja. Terdapat banyak tujuan lain yang nantinya diharapkan agar Lembaga Sosial Desa dapat menjadi tonggak utama untuk mewujudkan kesejahteraan desa.

Eksistensi dari Hari Lembaga Sosial Desa juga diharapkan dapat mengajak masyarakat luas untuk mengetahui lebih banyak mengenai tujuan dan dasar keberadaan Lembaga Sosial Desa. Jika masyarakat luas sadar akan pentingnya eksistensi Lembaga Sosial Desa, tentu akan menjadi energi positif dalam mewujudkan masyarakat desa yang berdaya.

Baca juga Aliansi LSM Adat dan HMI Gelar seruan aksi berantas pungli wasboli

image_pdfPDFimage_printPrint

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *