Berita

Hari Museum Internasional 2023: Tema, Sejarah, Serta Kutipan

Avatar
183
×

Hari Museum Internasional 2023: Tema, Sejarah, Serta Kutipan

Sebarkan artikel ini
Internasional
Museum Macan (Modern and Contemporary Art in Nusantara) (Dok. DS/Literasi Aktual)

Internasional, Literasiaktual.com – Hari Museum Internasional diperingati pada tanggal 18 Mei setiap tahun sejak tahun 1977.

Hari ini merupakan momen unik bagi komunitas museum.

Berbagai acara dan kegiatan direncanakan pada hari ini dan berlangsung sepanjang minggu atau akhir pekan. Lebih dari 37.000 museum dari 158 negara dan wilayah berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan tahun lalu.

Tema tahun ini adalah “Museum, Keberlanjutan dan Kesejahteraan”.

Tema ini bermaksud bahwa museum sebagai kontributor utama bagi kesejahteraan dan pembangunan berkelanjutan masyarakat kita.

Situs resmi International Council of Museums menyatakan, “Sebagai lembaga tepercaya dan benang merah penting dalam tatanan sosial kita, museum memiliki keunikan tersendiri dalam menciptakan efek berjenjang untuk mendorong perubahan positif.”

Internasional
International Museum Day 2023 Poster (Dok. Icom)

Tahun 2023 akan berfokus pada poin-poin penting berikut ini:

  • Poin 3 Kesehatan dan Kesejahteraan Global

Tujuannya adalah untuk memastikan kehidupan yang sehat serta mempromosikan kesejahteraan bagi semua orang dari segala usia, terutama terkait kesehatan mental dan isolasi sosial.

  • Poin 13 Aksi Iklim

Tujuannya adalah untuk mengambil tindakan segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya, untuk mengadopsi praktik-praktik rendah karbon di Global North dan strategi mitigasi di Global South.

  • Poin 15 Kehidupan di Darat

Tujuannya adalah untuk melindungi, memulihkan, dan mendorong penggunaan ekosistem darat secara berkelanjutan, memperkuat suara para pemimpin adat, dan meningkatkan kesadaran akan hilangnya keanekaragaman hayati.

image_pdfPDFimage_printPrint

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *