Budaya

International Thundong, 32 Bhante Jalan Kaki dari Thailand Ke Magelang

Avatar
264
×

International Thundong, 32 Bhante Jalan Kaki dari Thailand Ke Magelang

Sebarkan artikel ini
thundong
Dok. Bhikku Dhammavuddho

Magelang, Literasiaktual.com – International Thundong adalah salah satu acara ritual agama Budha. Acara ini akan diikuti oleh 32 biksu yang berasal dari Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Puluhan Bhante akan melakukan perjalanan menuju Borobudur pada peringatan Hari Raya Waisak.

Dilansir dari laman suara, biksu atau bhikku sama-sama bisa disebut sebagai Bhante untuk menambah keakraban. Biksu sendiri merupakan penyebutan untuk rohaniawan Budha mazhab Mahayana yang berkembang di Tiongkok, Jepang, Korea, dan Vietnam. Sementara Bhikku digunakan untuk menyebut rohaniawan Budha dari mazhab Theravada di Thailand, Sri Lanka, Myanmar, Kamboja, dan Vietnam. Namun, dua-duanya bisa disebut sebagai Bhante.

Dilansir dari laman detikJabar, “Saya sudah mengawal acara Thundong ini, ini adalah acara ritual keagamaan, puluhan bhante ini berjalan kaki dari Thailand, Malaysia, Singapura, dan nantinya tiba di Borobudur untuk Waisak, tanggal 2 Juni mendatang,” kata Liaison officer International Thundong Ki Onto , di Vihara Sian Jin Kupoh, Kabupaten Karawang, Jumat (12/5/2023) malam dan dikutip Senin (15/5).

Onto mengatakan tugasnya mengawal para biksu itu untuk mempermudah komunikasi serta menjaga keselamatan dan keamanan para biksu sampai dengan tujuan di Candi Borobudur.

Dari Thailand, biksu-biksu tersebut berjalan kaki hingga ke perbatasan Malaysia-Singapura, kemudian menyeberang dengan kapal laut, lalu kembali berjalan kaki menuju perbatasan Singapura-Indonesia, lalu dilanjutkan berjalan kaki di Batam.

image_pdfPDFimage_printPrint

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *