Berita

28 April 2023 : Hari K3 Sedunia

Literasi
259
×

28 April 2023 : Hari K3 Sedunia

Sebarkan artikel ini
Hari K3 Sedunia
Hari K3 Sedunia, 28 April 2023

Literasiaktual – 28 April diperingati setiap tahunnya sebagai Hari K3 Sedunia. Hari K3 Sedunia diinisiasi oleh Organisasi Buruh Internasional atau International Labour Organization (ILO). K3 adalah singkatan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Tujuan peringatan Hari K3 Sedunia adalah mempromosikan pencegahan kecelakaan kerja.

Tahun ini tema dari Hari K3 Sedunia 2023 adalah kampanye peningkatan kesadaran yang dimaksudkan untuk memusatkan perhatian internasional pada besarnya masalah kecelakaan kerja. Selain itu, sebagai ajang mempromosikan dan menciptakan budaya keselamatan dan kesehatan yang dapat membantu mengurangi jumlah kematian dan cedera terkait pekerjaan.

Dilansir situs resmi ILO, Hari K3 Sedunia 2023 mengusung tema “A Safe and Healthy Working Environment” yang artinya “Lingkungan Kerja yang Aman dan Sehat”. Pada 28 April 2023, ILO pada tahun ini merayakan tema dengan mengumpulkan para ahli dan konstituen untuk membahas implikasinya terhadap dunia kerja, serta bagaimana menerapkan hak ini secara praktis di dunia kerja.

“Kita masing-masing bertanggung jawab untuk menghentikan kematian dan cedera di tempat kerja,” ungkap PBB.

Melansir ke situs PBB, peringatan Hari K3 Sedunia merupakan bagian integral dari Strategi Global Keselamatan dan Kesehatan Kerja ILO, sebagaimana didokumentasikan dalam Kesimpulan Konferensi Perburuhan Internasional pada Juni 2003.

“ILO merayakan keputusan ini dengan mengumpulkan para ahli dan konstituen untuk membahas implikasinya terhadap dunia kerja serta bagaimana menerapkan hak ini secara praktis di dunia kerja,” tulis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada laman resminya pada Selasa (25/4/2023).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *