Budaya

Tahun 2017, Karya Herdy Mbuy Berjudul Hi V Berpartisipasi di Bekraf Festival

Literasi
560
×

Tahun 2017, Karya Herdy Mbuy Berjudul Hi V Berpartisipasi di Bekraf Festival

Sebarkan artikel ini

Performance Art

Penari sedang performance (Foto : Satria Prayudha)

BANDUNG, LITERASIAKTUAL.COM – Sebuah karya bisa muncul dari kejadian-kejadian yang berkesan atau berpengaruh besar. salah satunya karya Herdy Mbuy yang berjudul “Hi V”. Karya “Hi V” ini interpretasi dari penyebaran virus HIV yang hingga pada saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya. Tetapi hanya ada obat untuk memperlambat sistem virus ini menyebar. Peringatan HIV tepat pada tanggal 1 Desember 2017, sehingga koreografer menjadikan isu ini sebagai sumber inspirasi.

Karya Herdy Mbuy
Pertunjukan Karya “HI V” di Gedung PT KAI, Jl Sukabumi, Bandung tanggal 9 Desember 2017 (Foto : Satria Prayudha)

Karya Hi V ditujukan kepada semua orang sebagai himbauan. Koreografer menampilkan karya perdana ini pada kegiatan Bekraf Festival di Bandung pada tahun 2017, tepatnya di PT. Gudang Persediaan KAI Jalan Sukabumi. Karya Hi V ditampilkan pada tanggal 9 Desember 2017 tepatnya pukul 16.30 WIB. Seluruh penari mengeksplorasikan tubuh mereka dan menyatu dengan properti yang digunakan. Properti yang caping yang dilapisi dengan kain berwarna kuning (direkatkan dengan lem). Kain yang telah dilem di caping kemudian di potong/suir sehingga tidak menutupi pandangan penari ketika menari. Sedangkan di pakaian penari berwarna hitam.

“Properti yang digunaikan yaitu kain berwarna kuning dan direkatkan di caping kemudian kain tersebut dipotong. Agar lebih memperkuat konsep karya diatas caping kain diikat kembaki menyerupai jambul. penggambaran ini bertujuan agar jambul sebagai simbol penyakit. Sedangkan kain digambarkan sebagai ubur-ubur di lautan, yang mana kita ketahui bahwa ubur-ubur selalu mengintai kita, kita tahu bahwa ubur-ubur juga berbahaya”, Ungkap Herdi Mbuy selaku koreografer

Respon (67)

  1. Reading this post was necessary for me as it supplied useful insights and thorough details on the subject. The writer did an exceptional task in providing the info plainly and engagingly. Congratulations to the writer for producing such a insightful and well-written blog site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *